Sindrom Revenge Bedtime Procrastination

Pada tahun 2021, MUI terbitkan fatwa terkait vaksinasi COVID-19 dan tes swab selama menjalankan ibadah puasa, yakni bahwa keduanya tidak membatalkan puasa.

Informasi ini juga sudah diberitakan oleh Infopenyakit.org yang mengatakan tes swab sangat aman bagi orang yang menjalani ibadah puasa, oleh karna itu pemerintahan Indonesia menghimbau agar masyarakat tidak perlu cemas akan berita hoak di sosial media.

Fatwa No. 13/2021 menyebutkan bahwa vaksinasi COVID-19 dengan injeksi intramuscular (suntikan pada otot) tidak membatalkan puasa, begitu juga dengan test swab sebagaimana disebutkan di dalam Fatwa No. 23/2021.

MUI mengimbau umat Islam agar menjalankan puasa Ramadan dengan memenuhi kaidah keagamaan, juga mendukung dan berpartisipasi dalam program vaksinasi COVID-19. Mui juga berharapa dibulan ramahdon ini bisa berjalan lancar seperti dulu kala, mudah-mudahan tidak ada berdampak buruk dikemudian harinya.

Ingat untuk tetap disiplin protokol kesehatan dengan memakai masker, menghindari kerumunan, mencuci tangan pakai sabun, dan melengkapi dosis vaksinasi segera mungkin, bagi yang sudah menerima vaksin lebih dari 3 bulan, semua masyarakat wajib untuk boster vaksin yang sudah di siapkan oleh pemerintah Indonesia.

Dalam vaksin boster diketahui bisa menambah kekebalan tubuh terhadap virus corona yang sudah berbaur dikehidupan masyarakat saat ini, nah dengan vaksin boster ini lah, kalian akan mendapatkan imun yang sangat kuat untuk menangkal serangan virus corona, dan bisa beraktivitas normal kembali, tidak perlu khawatir akan menyebarkan virus kepada keluarga dekat anda.