Aturan Terbaru Untuk Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (per 2 April 2022)

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menerbitkan Surat Edaran (SE) No. 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi COVID-19.

SE tersebut mengatur syarat pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN), termasuk bagi yang mau mudik, di antaranya syarat testing. Bagi yang sudah vaksin booster maka tidak diwajibkan untuk test baik PCR maupun antigen. Namun, bagi yang menerima vaksin dosis kedua tetap diwajibkan tes antigen dengan sampel diambil maks. 1 x 24 jam, atau PCR 3 x 24 jam. Khusus yang baru menerima dosis pertama tetap disyaratkan PCR dalam kurun 3 x 24 jam.

Disamping itu, dilakukan penyesuaian syarat kepada yang memiliki kondisi kesehatan (penyakit komorbid) yang tidak dapat divaksin, maka wajib tes PCR 3 x 24 jam ditambah surat keterangan dokter dari rumah sakit (RS) pemerintah. Sementara, untuk anak usia kurang dari 6 tahun tidak diberlakukan testing, namun wajib ada pendamping perjalanan yang sudah memenuhi syarat. Bagi anak berusia 6 – 17 tahun mengikuti aturan vaksinasi dan testing PPDN umum.

Dan jangan lupa tetap wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu:

  1. memakai masker
  2. menjaga jarak dan menghindari kerumunan
  3. serta mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Dengan kalian menjalani peraturan 3M ini, setidaknya keluarga anda sudah bisa terhindar dari serangan virus corona ini, jaga lah keluarga kalian dan kerabat dekat yang anda sayangi. Jika bukan anda siapa lagi yang akan peduli?

Ini lah informasi dari Infopenyaki.org untuk kalian yang hendak ingin berpergian ke luarkota, semoga bermanfaat ya.